Kaum muslimin rahimakumullah!Ketika Ramadhan akan tiba sikap yg harus diperlihatkan oleh seorang muslim adl rasa gembira sehingga dia seperti tidak sabar menunggu kedatangan Ramadhan yg lama dirindukannya. Itu sebabnya kedatangan Ramadhan harus kita sambut dgn ucapan marhaban ya Ramadhan. Marhaban itu sendiri berasal dari kata rahb yg artinya luas atau lapang ini artinya hati jiwa dan dada seorang muslim akan diluaskan dan dilapangkan agar Ramadhan masuk kedalam jiwanya dgn leluasa. Pada saatnya Ramadhan tiba dan kita berada di dalamnya maka dari sekarang tekad kita adl akan mengoptimalkan kehadiran Ramadhan itu utk memperkokoh ketaqwaan kepada Allah SWT dalam arti yg seluas-luasnya. Secara harfiyah puasa artinya menahan yakni menahan diri dari segala hal yg dapat membatalkan puasa dan mengurangi nilainya sejak terbit fajar sampai terbenam matahari. Sedangkan Ramadhan secara harfiyah artinya membakar dan mengasah. Yang dimaksud adl membakar dosa sehingga dgn puasa yg sebaik-baiknya dosa-dosa seorang muslim akan dibakar oleh Allah dan setelah Ramadhan insya Allah dia akan kembali kepada fitrah atau kesuciannya sehinga seperti bayi yg baru dilahirkan ibunya yakni dalam keadaan tidak berdosa. Adapun yg dimaksud dgn mengasah adl mengasah dan mengasuh jiwa sehingga seorang yg berpuasa akan memiliki ketajaman jiwa yg membuatnya cepat mudah dan mampu menangkap isyarat-isyarat spiritual jiwanya menjadi kaya dan tidak didominasi ilagi oleh sifat sombong dan sifat-sifat buruk lain
Tujuan Tujuan utama dari puasa adl memantapkan keimanan kepada Allah SWT sehingga menjelma keimanan itu menjadi ketaqwaan. Ini dikemukakan Allah dalam firman-Nya yg artinya “Hai orang-orang yg beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” . Manakala target dari ibadah puasa ini dapat dicapai maka puasa akan membuat kita menjadi orang yg memiliki tiga hal.
Pertama mencegah diri dari segala bentuk dusta sebab dalam hadits riwayat Bukhari Muslim dan Ahmad dinyatakan bahwa Allah Swt tidak menerima puasa seseorang yg tidak meninggalkan perkataan dusta hadits tersebut artinya “Barangsiapa yg tidak meninggalkan perkataan yg keji dan melakukan kejahatan Allah tidak akan menerima puasanya sekalipun ia telah meninggalkan makan dan minum.”
Kedua memiliki benteng pertahanan rohani yg kuat sehingga dia menjadi orang yg mampu menjaga dan mencegah dirinya dari dosa Rasulullah saw bersabda yg artinya “Puasa adl perisai dari api neraka seperti perisainya seseorang di antara kamu dalam perang.” .
Ketiga selalu terangsang utk berbuat baik krn ibadah Ramadhan memang selalu mendidik seseorang utk melakukan kebaikan baik terhadap Allah SWT maupun terhadap sesama manusia. Disamping itu kalau kita membaca rangkaian ayat-ayat berikutnya dari surat Al-Baqarah 184-188 bisa kita ambil beberapa kesimpulan tentang tujuan-tujuan lain dari ibadah Ramadhan yaitu Pertama memperkokoh kedekatan kita kepada Al-Qur?an sehingga kita selalu berusaha bisa membaca membaca memahami dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Kedua memperkokoh kedekatan hubungan kepada Allah SWT sehingga dgn hubungan yg dekat itu seorang muslim tidak berani menyimpang dari ketentuan-ketentuan Allah. Ketiga menyadari akan pentingnya berdo?a kepada Allah krn kita menyadari sebagai makhluk yg lemah dan amat membutuhkan pertolongan Allah.
Keempat menajamkan hati atau jiwa manusia sehingga selalu mampu membedakan antara yg haq dan yg bathil serta sensitif terhadapnya. Kelima menyadari pentingnya kebersamaan dgn sesama muslim krn dgn puasa kita dapat membayangkan bahkan dapat merasakan bagaimana penderitaan mereka yg susah sehingga kita menyadari keharusan bersatu dan tolong menolong.
Hikmah Dari tujuan yg telah diutarakan nampak sekali betapa besar hikmah ibadah Ramadhan itu. Namun manakala kita ingin sederhanakan sekurang-kurangnya ada tiga hikmah ibadah Ramadhan. Pertama membersihkan hati dan jiwa manusia dari segala dosa dan sifat-sifat tercela.
Oleh Drs. H. Ahmad Yani Al-Islam - Pusat Informasi dan Komunikasi Islam Indonesia
sumber file al_islam.chm